Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Kejadian Hipertensi pada Kehamilan

  • Cynthia Chouda Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wijayanti
Keywords: Indeks Massa Tubuh, Hipertensi pada Kehamilan

Abstract

Tujuan studi: Yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara indeks massa tubuh dengan kejadian hipertensi pada kehamilan dan manfaat dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi semua orang yang membaca sehingga mampu mencegah kejadian hipertensi pada kehamilan.

Metodologi: Desain penelitian ini adalah penelitian potong lintang atau Cross Sectional study. Desain ini merupakan rancangan penelitian yang pengukuran atau pengamatannya itu dilakukan secara simultan pada suatu saat (sekali waktu). Subyek dalam penelitian ini adalah 197 ibu hamil pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Uji statistik pada penelitian  ini memakai uji korelasi Chi Square.

Hasil: Didapatkan hasil pada distribusi frekuensi sebanyak 18,8% atau sebanyak 37 orang ibu hamil mengalami hipertensi dan ibu hamil yang tidak memiliki hipertensi sebanyak 81,2% atau sebanyak 160 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000 sehingga 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa ada hubungan antara indeks massa tubuh dengan kejadian hipertensi pada kehamilan.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini yaitu agar dapat menambah sumber kepustakaan bagi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, menambah referensi dan wawasan bagi peneliti selanjutnya, serta dapat sebagai sumber bacaan bagi perawat maupun ibu hamil sehingga mampu mencegah kejadian hipertensi pada kehamilan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27

Most read articles by the same author(s)