Hubungan Usia Ibu dan Usia Kehamilan dengan Kejadian Hipertensi pada Kehamilan

Authors

  • Ryska Andarista Ayu Ningtias Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wijayanti

Keywords:

usia ibu, usia kehamilan, hipertensi

Abstract

Tujuan Studi: Yaitu untuk mengetahui adanya hubungan usia ibu dan usia kehamilan dengan kejadian hipertensi pada kehamilan dan manfaat dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi semua orang yang membaca sehingga mampu mencegah kejadian hipertensi pada kehamilan.

Metodologi: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional, dengan sampel sebanyak 197 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Analisa data bivariate dengan menggunakan chi square. 

Hasil: Hasil uji bivariate menggunakan chi square didapatkan nilai p-value 0,499 yang berarti tidak ada hubungan antara usia ibu dengan kejadian hipertensi pada kehamilan, sedangkan untuk usia kehamilan didapatkan nilai p-value 0,861 yang berarti tidak ada hubungan usia kehamilan dengan kejadian hipertensi pada kehamilan.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini yaitu agar dapat menambah sumber kepustakaan bagi Universitas, menambah referensi dan wawasan bagi peneliti selanjutnya, serta dapat sebagai sumber bacaan bagi perawat maupun ibu hamil sehingga mampu mencegah kejadian hipertensi pada kehamilan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-27

Most read articles by the same author(s)

> >>