Hubungan antara Sikap Kerja dengan Penggunaan Apd di antara Pekerja Galangan Kapal

Authors

  • Saripah Jumanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Sikap, Kepatuhan, Alat Pelindung Diri

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara sikap kerja dengan kepatuhan menggunakan APD di PT.Galangan Anugerah Wijaya Berjaya Samarinda tahun 2020.

Metodologi: Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatid dengan cross sectional.Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja yang ada di lapangan dalam perusahaan tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Responden seluruhnya berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner sikap dan kuesioner kepatuhan. Data analisis secara bivariat menggunakan uji statistik kolerasi spearman.

Hasil: Hasil Penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara sikap kerja dengan kepatuhan menggunakan APD di PT.Galangan Anugerah Wijaya Berjaya Samarinda tahun 2020.

Manfaat: Dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar selama kuliah dan digunakan sebagai sumber referensi untuk acuan dan pedoman dalam melakukan penelitian kesehatan ditahun berikutnya. Manfaat untuk perusahaan ialah sebagai informasi mengenai hubungan sikap kerja dengan kepatuhan menggunakan APD pada pekerja di galangan kapal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>