Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Penggunaan APD Pada Pekerja Di PT. Galangan Anugrah Wijaya Berjaya Samarinda

  • Arif Rahman Hakim Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Pengetahuan, Kepatuhan, Alat pelindung diri

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja di Galangan Kapal Samarinda.

Metodologi: Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan sebuah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Jumlah sampel yang didapatkan dengan teknik total sampling berjumlah 40 responden. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data primer dan sekunder, pengolahan data dan analisis data hingga penyajian data.

Hasil: Hasil penelitian yang didapatkan, diperoleh bahwa hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dengan nilai 0,00 < 0,05 dan memiliki koefisien korelasi sebesar 0,728 yang bermakna bahwa penelitian ini terdapat hubungan yang kuat dan searah antara pengetahuan dengan kepatuhan pada pekerja di Galangan Kapal Samarinda sehingga mengurangi risiko terjadinya kecelakaankerja.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi tambahan tentang penelitian Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Penggunaan APD Pada Pekerja Di Galangan Kapal Samarinda, serta dapat menjadi bahan acuan untuk dilakukannya penelitian lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>