Hubungan Motivasi dengan Kepatuhan Penggunaan APD pada Pekerja di PT.Galangan Anugerah Wijaya Berjaya Samarinda

  • Lisa Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Motivasi, Kepatuhan, Alat Pelindung Diri (APD)

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kepatuhan pengunaan APD di PT. Galangan Anugerah Wijaya Berjaya.

Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja di PT. Galangan Anugerah Wijaya Berjaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Seluruh responden berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa kuisioner motivasi kerja dan kepatuhan penggunaan APD. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi spearman rank.

Hasil : Berdasarkan analisis menggunakan spearman rank  test (α = 5%) didapatkan p value 0.000 < 0,05. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja di PT. Galangan Anugerah Wijaya Berjaya Samarinda.

Manfaat : Untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja melalui upaya peningkatan motivasi kerja karyawan agar lebih patuh dalam penggunaan APD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat