Hubungan Antara Pengetahuan Gizi dan Gejala Stres dengan Gizi Kurang Pada Remaja

  • Dessy Amelia Mulyana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho
Keywords: Pengetahuan gizi, Gejala stres, Stress, Gizi kurang, Status gizi remaja

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini tujuannya untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan gizi dan gejala stres dengan gizi kurang pada remaja di SMP N 8 Samarinda Seberang.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan populasi yang ada di penelitian ini adalah siswa/i di SMP N 8 Samarinda Seberang dengan jumlah sampel responden sekitar 169 orang, serta menggunakan teknik sample total sampling untuk menentukan jumlah respodennya. Pada variabel independen ini adalah pengetahuan gizi dan gejala stres, sementara variabel dependennya adalah gizi kurang. Untuk instrumen penelitian ini menggunakan google form sebagai kuesionernya. Hasil kuesioner tersebut akan di input ke software WHO Anthro Plus untuk mengetahui status gizi pada remaja, lalu di analisis SPSS dengan uji chi square dengan α = 0.05.

Hasil : Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi dan gejala stres dengan gizi kurang pada remaja, dan diketahui pada pengetahuan gizi terdapat p = 0.292 dan gejala stres terdapat p = 0.833.

Manfaat : Berharap pada penelitian ini bermanfaat bagi mahasiswa atau orang sekitarnya sebagai hasil informasi dan pengetahuan tentang hubungan antara pengetahuan gizi dan gejala stres dengan gizi kurang pada remaja di penelitian yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)