HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI DAN JUNK FOOD DENGAN KEJADIAN OVERWEIGHT PADA REMAJA

  • Aliyansyah Mustofa UMKT
  • Purwo Setiyo Nugroho UMKT
Keywords: : Tingkat pengetahuan gizi, junk food, Overweight, Remaja

Abstract

Tujuan Studi : Overweight ialah salah satu dari masalah kesehatan yang terdapat di dunia dengan jumlah kejadian kasus terus menerus naik pada setiap tahunnya, baik itu di negara dengan tingkat ekonomi yang maju, maupun dinegara dengan tingkat ekonomi nya yang berkembang. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan guna menganalisis dan mencari tahu apakah teradapat hubungan antara tingkat pengetahuan gizi dan konsumsi junk food dengan kejadian overweight pada remaja di SMAN 1 Sangkulirang.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain observasional analit dan rancangan penelitian yang dipakai adalah cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakah pelajar dari SMAN 1 Sangkulirang sebanyak 73 respondenyang diambil dengan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan gizi dan junk food, sedangkan variable dependen dalam penelitian ini yaitu overweight. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner elektrik (google form) yang kemudian hasil dari pengisian kuesioner tersebur dikonversikan kedalam nilai standar (z-score) menggunakan aplikasi WHO Antro Plus.

Hasil : Tidak terdapat adanya hubungan signifikan antara dua variabel independen (tingkat pengetahuan gizi (p=0.212) dan mengkonsumsi junk food (p= 1.000)) dengan kejadian overweight pada remaja.

Manfaat : Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian selanjutnya dimasa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat