Korelasi Frekuensi Makan dan Jumlah Uang Saku Terhadap Gizi Kurang Pada Remaja di SMPN 8 Samarinda

  • Sri Ayuningsih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho
Keywords: Food frequency, amount of allowance, teenegers, underweight

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara frekuensi makan dan jumlah uang saku terhadap gizi kurang pada remaja di SMPN 8 Samarinda.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional menggunakan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 169 siswa SMPN 8 Samarinda yang dipilih dengan teknik total sampling. Variabel independen yang digunakan yakni frekuensi makan dan jumlah uang saku sedangkan variabel dependen pada penelitian ini yakni gizi kurang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kemudian mengkonversikan data ke dalam nilai terstandar (z-score) menggunakan Software WHO Anthro Plus kemudian data dianalisa menggunakan Statistic Package for the Social Science (SPSS) mengunakan uji Chi-Square dengan signifikansi α = 0.05.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi makan (p= 0.634) dan jumlah uang saku (p= 0.468) dengan gizi kurang pada remaja.

Manfaat : Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai data awal atau sumber informasi mengenai korelasi frekuensi makan dan jumlah uang saku dengan gizi kurang pada remaja untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>