Analisis Return On Asset (ROA) Terhadap Perubahaan Laba (Studi Kasus Pada Sub Sektor Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2018)

  • Gogot Wiyoto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal
Keywords: return on assets (ROA), Change in profit

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dilakukannya penelitian untuk menguji dan menganalisis apakah Return on Assets (ROA) berpengaruh terhadap perubahan laba pada sub sektor Kelapa Sawit yang termasuk dalam daftar Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018.

Metodologi: Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa laporan keuangan pada sub sektor Kelapa Sawit yang termasuk dalam daftar Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016-2018.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui variabel Return On Assets (ROA) memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan laba dan memiliki hubungan positif (searah), terhadap sub sektor Kelapa Sawit periode 2016-2018.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna pada kegiatan early warning system dalam mengkaji keadaan perusahaan yang menjadi subjek penelitian serta bermanfaat menjadi masukan pertimbangan pengambilan keputusan untuk para investor, dengan begitu calon investor dapat mempertimbangkan investasinya di bidang sub sektor kelapa Sawit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>