PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. GRAHA MULIA AUTO SAMARINDA

  • Muhamat Rudi Sucipto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sofia Ulfa Eka Hadiyanti
Keywords: Manajemen, pengetahuan, kinerja, dan keahlian

Abstract

Tujuan Studi: Didalam penelitian ini sebagai bahan untuk.mengetahui cara uji pengaruh Variable Manajemen Pengetahuan kepada kinerja karyawan. Analisa ini digunakan Variable Independen (X) yakni Manajemen Pengetahuan serta Variable Dependen (Y) yakni Kinerja Karyawan. Media penelitian data yang diambil yakni Karyawan pada PT. Graha Mulia Auto Samarinda. Cara pengambilan data yakni dengan digunakan sistem angket dengan kata lain kuesioner yang akan disebarkan. Populasi yang ada pada objek adalah 100 responden.

Metodologi: Pengumpulan data adalah dengan metode survei, dan dengan alat bantu yaitu kuesioner yang dibagikan melalui google form, dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan seluruh Sampel yakni didasari Sampel Jenuh dengan kata lain Satu ration Technic Sample, hasil output dari aplikasi SPSS versi 22.

Hasil: Pencapaian Analisa (Regresi Linier Sederhana) didasarkan penilaian dengan melihat angka Signifikannya, terlihat angka Signifikannya yakni 0.00jadi kurang daripada 0.05. Sehingga bisa diinterprestasikan yakni Ha menerima ataupun adanya Pengaruh Manajemen Pengetahuan (X) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Penjelasan tersebut membuktikan bahwa Manajemen Pengetahuan yang diadakan perusahaan sangat efektif dalam menaikkan Kinerja Karyawan dan menaikkan pencapaian Kinerja Karyawan.

Manfaat: Adapun manfaat penelitian ini ada 2, yakni manfaat secara teoritis serta manfaat secara praktis yang didapatkan, penjelasannya adalah :

  1. Manfaat Secara Teoritis

Hasil dari media yang diteliti akan menjadi landasan dalam pengetahuan secara sosial dan umum sebagai pembelajaran dengan berkesinambungan dan menjadikan penilaian tambahan Khasanah ilmu pengetahuan secara ilmiah dibidang pembelajaran.

  1. Manfaat Secara Praktis
  2. Untuk Karyawan, dari yang diteliti ini diharap.mampu menaikan tingkat kinerja dan skill karyawan dalam bekerja yang akan akan meningkatkan keberhasilan Perusahaan.
  3. Untuk Manajer, dari yang diteliti ini diharap mampu mempengaruhi manajer untuk memberi pelatihan manajemen pengetahuan akan meningkatkan kinerja karyawan sehingga berimbas dari keberhasilan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27