Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja karyawan di PT. Indomarco Adi Prima Cabang Samarinda

  • Hairuddin Teguh UMKT
  • Sofia Ulfa Eka Hadiyanti
Keywords: pengetahuan, kinerja, keahlian

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk melihat dan mengetahui ada atau tidaknya dampak dari manajemen pengetahuan terhadap kinerja karyawan pada PT. Indomarco Adi Prima Cabang Samarinda, peneliti mengolah data penelitian berdasarkan hasil kuesioner dengan mengambil sampel sebanyak 63 orang karyawan perusahaan.

Metodologi: Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode survei, dan dengan alat bantu yaitu kuesioner yang peneliti bagikan melalui google form, dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana berdasarkan hasil output dari aplikasi SPSS versi 22.

Hasil: Berdasarkan data yang diperoleh hasil nilai Y = 13,348+ 0,631X. Dengan hasil perhitungan tersebut, Konstanta 13,348 yang apabila variabel independen 0 atau dianggap tidak memiliki nilai maka nilai manajemen pengetahuan sebesar 13,348. variabeldidapatkan nilai beta 0,631. Maka peneliti dapat menjelaskan interpretasikan yakni Ha dapat diterima atau memiliki pengaruh Manajemen Pengetahuan (X) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Penelitian ini membuktikan bahwa Manajemen Pengetahuan yang diadakan perusahaan sangat efektif dalam meningkatkan Kinerja Karyawan yang juga akan memajukan perusahaan.

Manfaat: Sangat penting sekali bagi sebuah perusahaan memiliki manajemen pengetahuan agar perusahaan dapat berkembang pesat didalam menjalankan visi dan misinya, dimana dengan adanya manajemen pengetahuan yang baik akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan dalam menjalankan pekerjaan atau tugas yang diberikan oleh perusahaan. Karyawan diminta bisa menjalankan komunikasi 2 arah sekaligus meningkatkan gagasan, inovasi, kompetensi, pemikiran, dan keahlian / skill.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27