Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Serba Mulia Auto Daihatsu Samarinda

  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sofia Ulfa Eka Hadiyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Manajemen Pengetahuan, Keahlian dan Kinerja

Abstract

Tujuan studi: Diharapkan dengan penelitian ini agar mengetahui apakah adanya pengaruh dari Manajemen Pengetahuan(Variabel X)  terhadap Kinerja Karyawan(Variabel Y). Objek Penelitian ini adalah sebuah perusahaan  bernama  PT. Serba Mulia Auto Daihatsu Samarinda, terletak di Jalan P.M.Noor, Sempaja. Jumlah populasi atau sampel yang menjadi data penelitian ini berjumlah 96 orang, terdiri dari Wanita 13 dan Pria 83.

Metodologi: Pengambilan sampel ataupun data peneliti menggunakan kuesioner atau angket yang sebar-luaskan melalui google form sehingga memudahkan responden serta peneliti dalam mengumpulkan data yang diharapkan untuk penelitian dapat kembangkan lebih dalam serta menggunakan analisis yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, pengujian hipotesis dan uji parsial (uji t) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23.

Hasil: Teknik analisis yang di lakukan oleh penelitian ini yaitu uji instrument  melalui Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji t dan Uji Determinan dengan tingkat signifikasi nya adalah  5% atau 0,05. Sehingga bisa di katakan bahwa adanya pengaruh variable X dengan variable Y terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Tersebut.

Manfaat: Memberikan pengalaman bagi peneliti mengenai bagaimana pengaruh Manajemen Pengetahuan terhadap kinerja karyawan pada PT. Serba Mulia Auto Daihatsu Samarinda. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumber informasi untuk perusahaan agar melihat bagaimana Manajemen Pengetahuan mempengaruhi kinerja karyawan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan aktifitas lainnya sehingga perusahaan dapat mengelola sumber daya manusia dengan baik serta sebagai bahan masukkan apabila peneliti selanjutnya tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Pengetahuan Manajemen terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30