Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dan Pengetahuan Gizi Dengan Obesitas Pada Remaja Di SMPN 18 Samarinda

Authors

  • Camelia Dwi Humairoh Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Tingkat pendidikan ibu, pengetahuan gizi, obesitas

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang obesitas dan menganalisis hubungan tingkat pendidikan dengan kejadian obesitas di SMPN 18 Samarinda

Metodologi : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis observasional analitik dengan rancangan  cross sectional dengan jumlah 64 responden dengan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah obesitas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner yang dibagikan melalui Google form. Lalu, hasil kuesioner diinput ke dalam WHO Anthro Plus untuk mengetahui status gizi dan selanjutnya dianalisis ke SPSS dengan uji chi-square dengan ɑ= 0.05.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu (p= 0.912) dan pengetahuan gizi (p= 0.239)  pada remaja dengan kejadian obesitas di SMPN 18 Samarinda.

Manfaat : Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi mengenai hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan kejadian obesitas pada remaja dalam penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>