Hubungan Pengetahuan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Penyelam Tradisional di Pulau Derawan

  • Suliati Ningsih UMKT
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Pengetahuan, Kecelakaan Kerja, Penyelam Tradisional

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan dan kejadian kecelakaan kerja pada penyelam tradisional di Pulau Derawan.

Metodologi: Desain penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Populasi penelitian merupakan seluruh penyelam di wilayah Pulau Derawan. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan accidental sampling. Responden berjumlah sebanyak 186 orang yang terdiri dari penyelam tradisional yang berada di wilayah Pulau Derawan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data dianalisis secara bivariat menggunakan Chi Square.

Hasil: Hasil analisis penelitian ini didapatkan nilai p-value sebesar 0.000 dimana berada di bawah taraf  signfikan sebesar 0.05 menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan kejadian kecelakaan kerja pada penyelam di Pulau Derawan tahun 2020.

Manfaat: Agar dapat menjadi bahan evaluasi dan dapat menjadi bahan tambahan informasi untuk penelitian selanjutnya. Dilain sisi, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk dinas terkait agar dapat memberikan edukasi mengenai pentingnya menggunakan alat pelindung diri untuk penyelam agar menghindari kejadian kecelakaan kerja di masa akan yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-28
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>