Hubungan Konsumsi Sayur dan Jumlah Uang Saku dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja di SMPN 18 Samarinda

  • Deyana Tri Oktaviani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho
Keywords: Required

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan konsumsi sayur dan jumlah uang saku dengan kejadian obesitas pada remaja di SMPN 18 Samarinda.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi siswa SMPN 18 Samarinda berjumlah sebanyak 64 reponden dengan teknik total samping. Variabel independen penelitian ini yakni konsumsi sayur dan jumlah uang saku untuk Variabel dependen penelitian ini yakni obesitas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan kuisoner yang dibagikan melalui Google Form. Lalu hasil kuisoner diinput ke WHO Anthro Plus untuk mengetahui status gizi dan dilanjutkan ke analisis SPSS dengan uji chi-square dengan α= 0.05.

Hasil : Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi sayur (p= 0.549) dan jumlah uang saku (p= 0.358) dengan obesitas pada remaja.

Manfaat : Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi terkait hubungan konsumsi sayur dan jumlah uang saku dengan obesitas pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-28
Section
Kesehatan Masyarakat