PENGARUH RENTABILITAS DAN EFISIENSI TERHADAP RASIO KECUKUPAN MODAL PADA BANK BUMN YANG GO PUBLIC

  • Yunita Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azhar Latief
Keywords: Rentabilitas, Efisiensi, Rasio Kecukupan Modal

Abstract

Tujuan studi: Penelitian dimaksud agar dapat mengetahui pengaruh rentabilitas dan efisiensi secara parsial dan simultan terhadap rasio kecukupan modal pada bank bumn yang go public dengan menggunakan periode 10 tahun dari tahun 2009-2018.

Metodologi: Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan kuantitatif dianalisis dengan menggunakan SPSS 23. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sampel bertujuan (purposive sampling), dan data menggunakan data sekunder, yang berasal dari laporan keuangan tahunan periode 2009-2018 yang bersumber di alamat web resmi BEI dan situs resmi bank BUMN go public. Teknik penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis.

Hasil: Penelitian memperoleh hasil jika secara parsial rentabilitas dan efisiensi tidak memiliki pengaruh terhadap rasio kecukupan modal. Rentabilitas dan efisiensi secara simultan tidak memiliki pengaruh terhadap rasio kecukupan modal. Efisiensi lebih dominan memiliki pengaruh terhadap rasio kecukupan modal.

Manfaat: Penelitian diharapkan dapat memberikan bermanfaat bagi pembaca, penulis dan investor agar dapat memberikan tambahan wawasan di bidang manajemen keuangan, khususnya pada pengaruh rentabilitas dan efisiensi terhadap rasio kecukupan modal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>