Hubungan Karakteristik Individu dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Penyelam Tradisional di Pulau Derawan

Authors

  • Jacky Hendrawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto

Keywords:

karakter individu, kecelakaan kerja, nelayan tradisional, penyelam tradisional

Abstract

Tujuan studi: tujuan dari penelitian ini apakah ada hubungan karakteristik individu dengan kejadian kecelakaan kerja pada nelanayan tradisional pulau derawan.

Metodologi: Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 186 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil: penelitian dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menerapkan ilmu keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dan pengaplikasian ilmu kesehatan masyarakat. Sebagai keberhasilan dari proses belajar selama menempuh pendidikan dan dapat menjadi bahan referensi untuk penelitian-penelitian berikutnya. Manfaat untuk penyelam tradisional di Pulau Derawan ialah sebagai informasi mengenai hubungan karakteristik individu dengan kejadian kecelakaan kerja yang terjadi pada penyelam tradisional.

Manfaat: Manfaat untuk penyelam tradisional di Pulau Derawan ialah sebagai informasi mengenai hubungan karaktersitik individu dengan kejadian kecelakaan kerja yang terjadi pada penyelam tradisional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>