Pengaruh Pertumbuhan Laba dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia

  • Bayu Eksan Prastyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yulia Tri Kusumawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pertumbuhan Laba, Leverage, Kebijakan Dividen

Abstract

Tujuan penelitian: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pertumbuhan laba dan leverage terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perbankan di bursa efek Indonesia.

Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Purposive sampling adalah suatu teknik yang dapat digunakan dalam penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan dengan periode penelitian 2017 – 2019. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil: Hasil dari pengujian dengan menggunakan regresi linier berganda secara simultan kedua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Secara parsial variabel pertumbuhan laba tiidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sebaliknya variabel leverage berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen.  

Manfaat: Hasil dari penelitian ini agar dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan dalam melihat kemampuan keuangan perusahaan penelitian atau segala sesuatu yang berhubungan dengan performa keuangan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31