Pengaruh Earning Per Share EPS) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Return Saham pada Perusahaan Industri Barang dan Konsumsi

Authors

  • Safri Andri Saputra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yulia Tri Kusumawati

Keywords:

Earning Per Share, Price to Book Value, Return Saham

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara Earning Per Share (EPS) dan Price to Book Value(PBV) terhadap Returnsaham pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metodologi: Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 12 perusahaan sebagai sampel melalui kriteria-kriteria dalam periode 5 tahun. Teknik analisis data adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji korelasi dan analisis regresi linier berganda.

Hasil: Hasil analisis menyatakan bahwa Earnings Per Share dan Price to Book Value secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Returnsaham. Earnings Per Share dan Price to Book Value secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadapReturn saham.

Manfaat: Pasar modal merupakan tempat sarana investasi berbagai instrumen keuangan. Sebagai bahan pertimbangan oleh para investor terkait dengan faktor yang mempengaruhinya seperti rasio-rasio keungan. Sampel penelitian ini peroleh dari perusahaan sub sektor makanan dan minumantahun 2016-2020

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>