Hubungan Monitoring Parental Dan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Seks Bebas Pada Remaja Di SMP Negeri 4 Samarinda

Authors

  • Lidya Wuri Handayani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Monitoring Parental, Jenis Kelamin, Seks Bebas, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Perilaku seks bebas adalah tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang dilakukan oleh dua orang, laki-laki dan perempuan diluar perkawinan yang sah dan Kasus seks bebas setiap tahunnya mengalami peningkatan dengan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan monitroing parental dan jenis kelamin terhadap perilaku seks bebas pada siswa/I di SMPN 4 Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional dengan jumlah sampel 94 responden yang diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online berupa Google Formulir.

Hasil: Setelah dilakukan uji Chi-square mendapatkan p-value sebesar 0,185 dan p-value sebesar 1,000  nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan α =0,05. Sehingga penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan monitoring parental dan jenis kelamin kelamin terhadap perilaku seks bebas pada siswa/I di SMPN 4 Samarinda.

Manfaat: Menambahkan wawasan bagi orang tua untuk lebih menjaga hubungan dan komunikasi dengan anak untuk menekan angka seks bebas pada remaja dan menjadi bahan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>