PENGARUH PROFITABILITAS DAN PRICE TO EARNING RATIO (PER) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN FARMASI YANG GO PUBLIC

Authors

  • Aulia Rizkhana Faradilla Universitas Muhammadiah Kalimantan Timur
  • azhar Latief Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Nilai Perusahaan, Price to Earning Ratio, Return on asset.

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara profitabilitas (Return on asset) dan Price to Earnings Ratio dan variabel yang paling dominan terhadap nilai perusahaan Farmasi yang go public.


Metodologi: Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 9 perusahaan sebagai sampel dalam periode 5 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.


Hasil: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (Return on asset) dan Price to Earnings Ratio berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV) baik secara parisal maupun secara simultan. Serta variabel Price to Earnings Ratio lebih berpengaruh dominan daripada profitabilitas (Return on asset) terhadap nilai perusahaan.


Manfaat: Pasar modal memiliki peran penting dalam setiap kegiatan perekonomian, pasar modal sangat dipertimbangkan oleh para investor terkait dengan faktor yang mempengaruhinya, seperti profitabilitas, harga saham dan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi penelitian yang akan datang untuk mengenai nilai perusahaan sekaligus pengaruhnya terhadap rasio profitabilitas (ROA) dan Price Earnings Ratio (PER) pada perusahaan farmasi yang go public.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>