Analisis Pengaruh Enterprise Risk Management Dan Managerial Ownership Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara Yang Terdaftar Di BEI

  • Fahrul Zaini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Enterprise Risk Management, Managerial Ownership, Firm Value

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Enterprise Risk Management dan Managerial Ownership terhadap Firm Value pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Periode yang digunakan dalam penelitian adalah selama 10 tahun yakni tahun 2010-2019.

Metodologi: Penelitian dengan jenis kuantitatif adalah jenis yang di gunakan pada penelitian ini, populasi penelitian yaitu pada perusahaan pertambangan batu bara secara keseluruhan yang terdaftar dan teknik purposive sampling menjadi metode dalam teknik pemilihan sampel yang digunakan dengan beberapa kriteria pemilihan sehingga diperoleh sampel perusahaan pertambangan batu bara. Adapun teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan merupakan data sekunder yang digunakan pada penelitian. Teknik analisis data yaitu data panel dengan program pengolah data statistik EViews 11.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial Enterprise Risk Management tidak memiliki pengaruh terhadap Firm Value, adapun Managerial Ownership secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap firm value, secara simultan Enterprise Risk Management dan Managerial Ownership variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap Firm Value.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi alat dalam menambah pengetahuan untuk para peneliti dan pembaca lainnya begitupun para investor yang dalam melakukan keputusan investasi tentu tidak melihat pengaruh dari satu faktor yang mempengaruhi saja, tetapi juga melihat serta mempertimbangkan pengaruh dari beberapa faktor sekaligus dalam memutuskannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30