Pengaruh Terapi Dzikir terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Kanker di Rumah Singgah Kanker Samarinda

  • Dhita Fitriyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Rahmah Fitriani
Keywords: Terapi Dzikir, Tingkat Kecemasan, Kanker

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi dzikir terhadap tingkat kecemasan pasien kanker di rumah singgah kanker Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain Quasi eksperimen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.Analisa data menggunakan uji Paired Sample T test. Pengukuran tingkat kecemasan menggunakan kuisioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale).

Hasil: Nilai mean sebelum diberikan terapi dzikirĀ  adalah 23.27 dan setelah diberikan terapi dzikir responden mendapatkan perlakuan sebagai kelompok intervensi terapi dzikir sebanyak 3 kali dalam 3 hari berturut-turut didapatkan mean 19.22 dengan nilai P value = 0.000 (P<0.05). Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan terapi dzikir dirumah Singgah Kanker Samarinda.

Manfaat: Dapat menjadikan terapi dzikir sebagai salah satu alternative terapi kedalam intervensi yang diterapkan perawat untuk memberikan pelayanan asuhan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>