Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Keluhan Low Back Pain Pada Operator Alat Berat

  • Muhammad Aldi Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Indeks Massa Tubuh, Low Back Pain, Operator alat berat

Abstract

Abstrak

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan Keluhan Low Back Pain  Pada Operator Alat Berat11111

1Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi untuk mengetahui hubungan antara indeks massa tubuh (imt) dengan keluhan low back pain pada operator. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan subjek penelitian Operator alat berat, dan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner Modified Oswestry Low Back Pain Disability Quesioner.

Hasil: Hasil penelitian ini mendapatkan sebagian besar operator memiliki IMT normal dengan frekuensi 25 orang (55.6%) dan operator yang mengalami keluhan low back pain  dengan frekuensi sebesar 30 orang (66.7%). Hasil analisis Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dengan keluhan low back pain pada Operator alat berat dengan nilai p-value = 0.757 > 0.05.


Manfaat:Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perusahaan untuk menyesuaikan kemampuan serta kapasitas operator dalam pembagian tugas agar terhindar dari keluhan LBP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>