Hubungan antara Tingkat Spiritual dengan Tingkat Depresi pada Lansia : Literature Review

  • Ana Safitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Rahmah Fitriani
Keywords: Lansia, Depresi, Tingkat Spiritual

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara tingkat spiritual dengan tingkat depresi pada lansia.

Metodologi: Peningkatan jumlah lansia mengakibatkan penurunan derajat kesehatan yang berakibat sebagian lansia akan mengalami kemunduran baik secara baik secara sosial maupun psikologis yang mempengaruhi aktivitas dalam kehidupannya,dan banyak lansia yang mengalami kehilangan pekerjaan karna dianggap sebagai individu yang tidak produktif, dapat juga mempengaruhi tingkat spiritualnya sehingga menyebabakan munculnya depresi. Depresi ialah gangguan mental ditandai dengan suasana hati yang menurun, kehilangan minat pada hal-hal tertentu, perasaan bersalah, gangguan tidur atau nafsu makan dan kehilangan energi.

Hasil: berdasarkan hasil penelitian menggunakan systematic literature review dengan mengumpulkan data pustaka yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksluesi. Perempuan cenderung memiliki tingkat spiritual yang tinggi, teman sebaya, keluarga dan lingkungan juga dapat mempengaruhi tingkat spiritual. Semakin tinggi spiritual pada lansia maka semakin rendah tingkat depresi pada lansia.

Manfaat: hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan perbandingan serta menjadi data yang dapat dijadikan sebagai sumber acuan dalam proses menjadi data yang dapat dijadikan sebagai sumber acuan dalam proses penelitian selanjutnya, hasil riset ini bisa digunakan sebagai masukan serta pengetahuan untuk keluarga dalam merawat lansia dan khususnya dalam interaksi sosial serta depresi pada lansia, dan dapat menambah pengetahuan bagi profesi keperawatan dan menjadi sumber pengetahuan bagi mahasiswa sehingga menjadi sumber informasi dan sumber pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>