Hubungan antara Shift Kerja dengan Stres Kerja pada Petugas Lembaga Permasyarakatan

  • Trie Myta Pradina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Shift Kerja, Stres Kerja, Lembaga Permasyarakatan

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Antara Shift Kerja Dengan Stres Kerja Pada Petugas Lembaga Pemasyarakatan

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada petugas Lembaga Pemasyarakatan di Kota Tenggarong. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional, yang mana desain ini mempelajari kolerasi antara faktor risiko dengan akibat dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalaha analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik yaitu uji statistic spearman rho dengan tingkat signifikan (α = 0,05).

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara shift kerja dengan stress kerja pada petugas lembaga pemasyarakatan dengan nilai p-value = 0.682 > 0.05.

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi dan acuan dalam penelitian berikutnya serta sebagai informasi mengenai hubungan antara shift kerja dengan stress kerja pada petugas Lembaga Pemasyarakatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>