Hubungan Stress Kerja dengan Keluhan Low Back Pain pada Operator Alat Berat

  • Alfaridah Alf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Stress Kerja, Keluhan Low Back Pain, Operator Alat Berat

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Stress Kerja dengan Keluhan Low Back Pain Pada Operator Alat Berat.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada Operator Alat Berat di PT. Kutai Bara Abadi. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional dimana variabel dependen dan variabel independen diukur dalam satu waktu yang sama atau saat bersamaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik yaitu uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara stress kerja dengan keluhan low back pain pada operator alat berat dengan nilai p-value = 0.039 < 0.05

Manfaat: Hasil dalam penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan atau bahan evaluasi terkait penanganan stress kerja, dapat membantu pekerja untuk meminimalkan resiko terjadinya keluhan low back pain, sebagai bahan referensi dan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan serta dapat digunakan sebagai acuan atau pembanding antara penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dengan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>