Hubungan Kebiasaan Olahraga dan Konsumsi Fast Food dengan Kejadian Overweight pada Remaja SMAN 1 Sangkulirang

  • Anita Wahyuni Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho
Keywords: Kebiasaan Olahraga, Konsumsi Fast Food, Remaja, Overweight

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kebiasaan olahraga dan konsumsi fast food dengan kejadian overweight pada remaja di SMAN 1 Sangkulirang. 

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode korelasional cross sectional. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa dari SMAN 1 Sangkulirang dan sampel berjumlah 74 orang yang diambil menggunakan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner elektrik (google form). Data yang telah diperoleh kemudian di konversikan dengan standar z-score dalam aplikasi komputer WHO Anthro Plus. Data dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi komputer menggunakan uji chi square dengan nilai α = 0.05

Hasil: : Setelah dilakukan analisa data secara statistik, diketahui bahwa tidak ditemukan adanya hubungan natara kebiasaan olahraga terhadap kebiasaan olahraga (P-value=0,181) dengan status gizi overweight dan tidak ditemukan hubungan antara konsumsi fast food (P-value=0,431) terhadap status gizi overweight pada remaja di SMAN 1 Sangkulirang.  

Manfaat: Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai data awal atau sumber informasi mengenai korelasi kebiasaan olahraga dan konsumsi fast food dengan gizi gemuk atau overweight pada remaja untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Kata kunci : kebiasaan olahraga, konsumsi fast food, remaja, overweight

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>