Analisis Pengaruh Return On Equity dan Firm Size terhadap Price Book Value pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Mardi Mardi Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Fenty Fauziah

Keywords:

Return On Equilty, Firm Size, Price Book Value

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh ROE dan Firm Size Terhadap Price Book Valuepada Perusahaan Manufaktur baik secara parsial dan simultan.

Metodologi: Populasi penelitian ini yaitu mengambil jumlah di 118 perusahaan manufaktur pada periode 2017-2018. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sempel adalah purposive sampling dengan beberapa kriteria maka diperoleh sampel perusahaan manufaktur yang digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan sistem dokumentasi, dimana di dalamnya merupakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan program pengolah data statistik Eviews .

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data secara parsial Return On Equity berpengaruh positif serta signifikan terhadap Price Book Value. Sedangkan Firm Size tidak berpengaruh signifikan terhadap Price Book Value. Secara simultan variabel independen Return On Equity dan Firm Size berpengaruh signifikan terhadap Price Book Value.

Manfaat: Hal ini mengandung pengertian bahwa investor akan menilai suatu perusahaan dari tingkat Return On  Equity.  Perusahaan lebih dominan untuk mempertahankan laba dibandingkan membagikannya sebagai dividen, padahal hal tersebut dapat mempengaruhi harga saham dan nilai suatu perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>