Hubungan Perilaku Vaginal Hygiene dengan Kejadian Flour Albus pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah Bukit Raya Kecamatan Tenggarong Seberang

  • Tiara Yulita Utami Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wijayanti
Keywords: vaginal hygiene, flour albus, remaja putri

Abstract

Tujuan studi: Permasalahan kesehatan reproduksi remaja putri salah satunya diantaranya adalah flour albus. Kejadian flour albus ialah keluarnya cairan yang berwarna bening dari vagina di luar periode menjelang dan sesudah menstruasi.Menjaga kesehatan berawal dari menjaga kebersihan diri sendiri.Vaginal hygiene suatu tindakan untuk memelihara kebersihan organ kewanitaan untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah infeksi reproduksi.Diketahui hubungan vaginal hygiene dengan kejadian flour albus pada remaja puri di Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah Buki.

Metodologi: Metode penelitianmenggunakan deseain deskriptif korelasi  dengan rancangan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah santriwati di Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah Bukit Raya yang berjumlah 140 orang dan teknik pengambilan sampel menggunkan total sampling .Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, bivariat menggunakan analisis Chi-Square.

Hasil:. Hasil penelitian hasil uji statistik menggunakan uji chi square dengan membaca hasil dari Fisher’ Exact test pada variabel vaginal hygiene menunjukan p value 0.000<0.05 dengan kejadian flour albus pada remaja putri di Pondok Pesantren Al-masyhuriyah maka terdapat hubungan vaginal hygiene dengan kejadian flour albus pada remaja putri di Pondok Pesantren Al-Masyuhuriyah.

Manfaat: Untuk meningkatkan prilaku vaginal hygiene,, sumber informasi tentang kesehatan reproduksi dan sebagai sumberdata untuk penelitian selanjutnya, yang di harapkan dapat lebih mengembangkan lagi berkaitan dengan penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-10