Analisis Bi Rate dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Volume Perdagangan Saham Di Bursa Efek Indonesia (2016-2018)

  • Fungky Dwi Putri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal
Keywords: bi rate, jumlah uang beredar, volume perdagangan saham

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel yang terdiri dari BI Rate (X1), Jumlah uang beredar (X2) berpengaruh terhadap volume perdagangan saham (Y) di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018.

Metodologi: Penelitian ini mengunakan metode analisis regresi linier berganda dan menggunakan perhitungan dengan program SPSS 22. 

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan uji F (Simultan) menunjukkan bahwa ada terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel BI Rate (X1) dan Jumlah Uang beredar (X2) terhadap volume perdagangan saham (Y). Dari hasil analisis uji T (Parsial) menunjukkan bahwa secara parsial variabel BI Rate (X1) berpengaruh signifikan terhadap Volume perdagangan saham (Y) sedangkan variabel jumlah uang beredar (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham (Y).

Manfaat: Pentingnya temuan ini agar bermanfaat bagi para investor untuk berinvestasi sebagai bahan informasi agar mendapatkan keuntungan saham yang lebih besar dan dapat bermanfaat di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)