Hubungan Tingkat Pendidikan dan Usia dengan Kejadian Diabetes Melitus di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda Tahun 2019

Authors

  • Annisa Pahlawati Universitas Muhammadiyah kalimantan timur
  • Purwo Setiyo Nugroho

Keywords:

tingkat pendidikan, umur, Diabetes Melitus

Abstract

Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan dengan kejadian diabetes melitus dan hubungan usia dengan kejadian diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Palaran Kota Samarinda.

Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan responden sebanyak 111, dengan 37 kasus dan 74 kontrol. Pengambilan sampel kasus menggunakan Total Sampling dan sampel kontrol menggunakan Propotional Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desaincase control, analisis data dalam  penelitian ini menggunakan metode analisis data chi square.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara tingkat pendidikanP – Value = 0.002: OR 4.895, CI 95% 1,826 – 13,119.), and age (P- Value = 0.000; OR 0.373, ci 95% 0.268- 0.519) dengan kejadian diabetes melitus.

Manfaat : Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan menjadi sumber referensi dan sebagai bahan bacaan yang dapat menambah wawasan pembaca tentang tingkat pendidikan dan usia terhadap kejadian diabetes melitus.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-12-23

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>