Hubungan Sikap Dengan Perilaku Seks Bebas Pada Remaja Di SMA Negeri 16 Samarinda

  • Rizqy Yolandha Harisandy Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti
Keywords: Sikap, Seks Bebas, Attitude, Free sex

Abstract

Tujuan Studi: Perilaku seks bebas pada remaja dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut Komnas Perlindungan Anak (KPAI) tahun 2017 dan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa hasil survei menunjukkan sebuah data yaitu 62,7% remaja di Indonesia pernah melakukan hubungan seks bebas atau seks diluar nikah. Sikap remaja turut menjadi faktor resiko remaja melakukan seks bebas, membaca informasi serta pemberitaan, gambar-gambar yang berbau porno dalam wujud suatu orientasi atau kecenderungan dalam bertindak.

Metodologi: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan tehnik pengambilan sampel Statified random sampling, jumlah responden sebesar 75 di kelas X SMA Negeri 16 samarinda, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji analisis data untuk membuktikan hipotesa yaitu uji chi square.

Hasil: Analisis menggunakan uji statistic Chi Square maka diperoleh nilai p-value yaitu 0.017 nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan α yaitu 0.05 sehingga diketahui ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan perilaku seks bebas pada remaja di SMA Negeri 16 Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 15 responden berada pada sikap positif (20%) dan 60 responden berada pada sikap negatif (80%).

Manfaat:  Diharapkan untuk pihak sekolah memberikan ekstrakulikuler agar dapat menghabiskan waktu luang dengan melakukan hal yang positif dan bermanfaat sehingga terbentuk sikap yang baik, meminimalisir waktu luang atau senggang yang berisiko untuk berperilaku seks bebas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat