Hubungan Obesitas Umum dan Obesitas Sentral dengan kejadian Hipertensi di Puskesmas Palaran

  • Yogi Hadiputra Universitas Muhammmadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho
Keywords: obesitas umum, obesitas sentral, hipertensi

Abstract

Latar belakang & Tujuan: Penyakit tidak menular, seperti jantung, stroke, kanker, penyakit pernapasan kronis dan diabetes adalah penyebab utama kematian dunia. Dimana 85% kematian ini disebabkan oleh penyakit jantung dan stroke. Hipertensi telah terbukti dan terus menerus dikaitkan dengan resiko penyakit stroke dan jantung. Kelebihan berat badan dan obesitas dapat menyebabkan kerugian efek metabolik pada tekanan darah, kolestrol, trigliserida, dan resistensi insulin1. Dengan adanya permasalahan tersebut penelitian ini menganalis hubungan obesitas dan obesitas sentral dengan kejadian hipertensi di wilayah kerja puskesmas Palaran.
Metode:
Desain penelitian ini menggunakan kasus kontrol serta menggunakan analisis chi square.Responden penelitian yang dibagi menjadi kelompok penelitian 66 responden dengan status hipertensi dan kontrol 66 responden dengan status tidak hipertensi menggunakan persyaratan kriteria inklusi dan ekslusi.
Hasil: Analisis hubungan obesitas tidak ada hubungan (p value 0,063> α 0,05) dengan status hipertensi. Analisis Hubungan obesitas sentral ADA Hubungan (nilai p 0,023 <α (0,05) Dan Nilai CI 2,375 (1,180-4,782) DENGAN Status hipertensi.
KESIMPULAN: Diantara doa variabel Yang diteliti obesitas sentral memiliki Peluang berisiko terjadinya hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat