Pengaruh Risiko Sistematis dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Rekha Fandini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal
Keywords: risiko sistematis, price earning ratio, harga saham

Abstract

Tujuan Studi: Untuk mengetahui apakah risiko sistematiis dan PER secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham diperusahaan farmasi di BEI. Untuk mengetahui antara variabel risiko sistematis dan PER, variabel mana yang memiliki pengaruh lebih terhadap harga saham pada perusahaan farmasi di BEI.

Metedologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan metode dokumentasi yang didapat dari laporan keuangan dari masing-masing Bank Indonesia.

Hasil: Penelitian ini menunjukan faktor risiko sistematis secara parsial tak berpengaruh relevan pada harga saham, sedangkan perhitungan variabel PER secara parsial menunjukan berpengaruhn relevan terhadap harga saham.

Manfaat: Bagi Investor dan calon investor sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan investasi yang berisiko dan tingkat return yang diharapkan serta sebagai informasi untuk bahan pengambilan keputusan investasi di pasar modal.. Bagi Perusahaan dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan serta bahan pertimbangan dalam menjalankan kegiatan usahanya dan pengambilan keputusan yang bersifat financial.

Published
2020-01-09