PENGARUH RISIKO SISTEMATIS DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

  • Niqo Anshari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal
Keywords: Risiko Sistematis, Return On Equity (ROE), Harga Saham

Abstract

Tujuan Studi: Untuk mengetahui pengaruh variabel risiko sistematis dan Return On Equity (ROE) secara parsial dan simultan terhadap harga saham pada perusahaan farmasi. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama lima tahun, dari tahun 2013 sampai dengan 2017.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan purposive sampling, yaitu dilakukan dengan cara memilih subjek yang memenuhi beberapa kriteria. Populasi yang ada pada objek adalah mengambil 6 sampel dari 10 perusahaan yang terdaftar.Teknik penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi) serta pengujian hipotesis dengan uji F (uji simultan), uji t (uji parsial), koefisien determinasi berganda dan analisis korelasi.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh risiko sistematis dan Return On Equity (ROE) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Risik sistematis dan Return On Equity (ROE) secara bersama-sama mampu menjelaskan naik turunnya harga saham. Return On Equity (ROE) lebih dominan berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan kontribusi terbanyak terhadap harga saham.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat membantu para investor dalam menentukan investasi dan memperhitungkan keuntungan yang didapatnya di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)