Analisis Kurs, BI Rate dan Jumlah Uang Beredar terhadap Volume Perdagangan Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018

  • Azmi Ruaida Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Wahyuni Jamal
Keywords: Kurs, BI rate, Jumlah Uang Beredar, Volume Perdagangan Saham

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kurs rupiah, BI rate, dan jumlah uang beredar terhadap volume perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia,dari bulan Januari 2016 sampai dengan Desember 2018.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode analisis regresiberganda dan menggunakan perhitungan dengan program SPSS, dimana variabel dependen (volume perdagangan saham) dan varibel independen (kurs rupiah, BI rate, dan jumlah uang beredar).

Hasil: Hasil penelitian menyimpulkan secara simultan variabelkurs rupiah, BI rate, dan jumlah uang beredar berpengaruh signifikan dengan hasil uji F menunjukan tingkat signifikan ketiga variabel terhadap volume perdagangan saham. Sedangkan secara parsial hanya variabel BI rate yang berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap volume perdagangan saham di bursa efek Indonesia.Dengan hasil uji t menunjukan tingkat signifikan BI rate, sedangkan kurs rupiah dan jumlah uang beredar tidak berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham di bursa efek Indonesia.

Manfaat: Pentingnya temuan ini agar bermanfaat bagi para investor dan untuk menjadi bahan pertimbangan saat berinvestasi. Hal ini baik di lakukan agar mendapatkan keuntungan saham yang lebih besar dan tidak mengakibatkan kerugian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)