Pengaruh Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Dias Sesar Pratama Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen dan kebijakan hutang secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen dan kebijakan hutang secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metodelogi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mana teknik ini menentukan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang menjelaskan dua atau lebih variabel independen dan satu variabel dependen dengan menggunakan program IBM SPSS 24dalam mengolah data.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen dan kebijakan hutang secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan kebijakan hutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan hutang sebagai variabel dominan yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Manfaat: Dengan hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membantu peneliti-peneliti selanjutnya dan dapat menjadikan ilmu tambahan bagi investor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27

Most read articles by the same author(s)