Analisis Pengaruh Perputaran Modal Kerja Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Yang Terdaftar Di BEI

  • Eden Eden Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: perputaran modal kerja, likuiditas, profitabilitas

Abstract

Tujuan studi: untuk menguji dan menganalisis pengaruh perputaran modal kerja diukur dengan working capital turnover, (WCTO). likuiditas diukur dengan current ratio (CR) terhadap profitabilitas diukur dengan return on asset (ROA).

Metodologi: penelitian ini menggunakan data sekunder. Yang menjadi objek penelitian pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada periode 2012-2018 panel data yang digunakan 5 perusahaan x 7 periode, 35 sampel, pengamatan dipilih dengan menggunakan metode sampling.

Hasil: dari Penelitian ini didapatkan bahwa perputaran modal kerja (WCTO) secara parsial terhadap profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan, likuiditas (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA), perputaran modal kerja (WCTO) dan likuiditas (CR) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA).

Manfaat: Untuk menambah wawasan penelitian yang berhubungan dengan paktor-paktor yang mempengaruhi nilai profitabilitas dan dapat digunakan untuk bahan referensi dan sumber informasi bagi peneliti yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>