Analisis Modal Kerja & Pengelolaan Keuangan Terhadap Pendapatan Umkm (Studi Kasus Umkm Srikandi Di Samarinda)

  • Sumaliyana Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rinda Sandayani Karhab
Keywords: Modal Kerja, Pengelolaan Keuangan, Pendapatan

Abstract

Abstrak

Tujuan Studi : Hasil studi ini  bertujuan menganalisis pengaruh dari Modal Kerja & Pengelolaan Keuangan terhadap Pendapatan UMKM (Studi Kasus UMKM Srikandi di Kota Samarinda).

 

Metodologi : Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber asli (primer). Jenis Penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan studi kasus. Sistem dalam mengumpulkan data adalah  tanya jawab langsung kepada pemilik (wawancara), observasi (pengamatan) dan dokumentasi.

 

Hasil :  Berdasarkan hasil dari uji T dalam penelitian, modal kerja mempunyai  dampak (pengaruh) positif dan juga signifikan terhadap pendapatan, dan pengelolaan keuangan memiliki pengaruh positif dan juga signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan melalui uji F dalam penelitian ini didapatkan  bahwa modal kerja dan pengelolaan keuangan secara bersamaan mempunyai pengaruh yang positif dan juga signifikan terhadap pendapatan.

 

Manfaat : Hasil studi ini bisa digunakan sebagai acuan untuk mempertimbangkan modal kerja yang dikelola dan pengelolaan keuangan yang harus diterapkan dalam  usaha agar sesuai dengan apa yang sudah diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24