Analisis Modal Kerja Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) (Studi Kasus Pada Umkm Chicken Nobon Samarinda)

  • Yuyun Sevtyana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rinda Sandayani Karhab
Keywords: Modal kerja, Pengelolaan keuangan, Pendapatan

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh antara modal kerja dan pengelolaan keuangan terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah studi kasus pada UMKM Chicken Nobon Samarinda.

Metode: Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan data bersumber dari data primer, teknik pengumpulan data penelitian ini dari wawancara langsung narasumber tentang laporan keuangan tahun 2015-2019. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan memerlukan program SPSS versi 22 untuk mengolah data.

Hasil: berdasarkan pengujian data penelitian diperoleh hasil: modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan keuangan Chicken Nobon Samarinda pada tahun 2015-2019. Begitu juga dengan pengelolaan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan keuangan Chicken Nobon Samarinda pada tahun 2015-2019. Modal kerja dan pengelolaan keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan keuangan Chicken Nobon Samarinda pada tahun 2015-2019.

Manfaat: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menyerahkan masukan bagi UMKM yaitu sebagai bahan referensi untuk pengambilan kebijakan dan keputusan perihal modal kerja dan pengelolaan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27