Analisis Modal Kerja Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Pendapatan UMKM Studi Kasus UMKM Bakso Pradah Samarinda

  • Teguh Santoso Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rinda Sandayani Karhab
Keywords: Modal Kerja, Pengelolaan Keuangan, Pendapatan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal kerja dan pengelolaan keuangan terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) studi kasus pada UMKM Bakso Pradah Samarinda.

Metodologi: Untuk memperoleh data dari variabel tersebut peneliti melakukan observasi secara langsung pada UMKM Bakso Pradah Samarinda. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS..

Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan, pengelolaan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan, serta modal kerja dan pengelolaan keuangan berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap pendapatan UMKM Bakso Pradah Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini menghasilkan manfaat untuk sarana pembelajaran dan menambah wawasan mengenai modal kerja dan pengelolaan keuangan yang diterapkan di UMKM serta jadi referensi untuk peneliti selanjutnya, untuk UMKM agar memperhatikan modal kerja dan pengelolaan keuangan dengan laporan keuangan yang profesional yang lebih teratur dengan sistematis dengan baik sehingga UMKM bakso Pradah Samarinda sehingga dalam menjalankan usahanya bisa menuju ke arah yang lebih bagus lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24