Literature Review Hubungan Self Efficacy dengan Sikap Pencegahan Relapse Narkoba pada Pengguna Narkoba yang Menjalani Rehabilitasi

  • Liana Maaidah Darmayanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali
Keywords: Self-efficacy, Relapse, Pencegahan relapse, Rehabilitasi, Narkoba

Abstract

Tujuan studi: Menganalisis hubungan self-efficacy dengan sikap pencegahan relapse narkoba pada pengguna narkoba yang menjalani rehabilitasi.

Metodologi: Penelitian dilakukan dengan metode literature review. Pencarian artikel menggunakan data base seperti Google Scholar, Science Direct, ProQuest, Ebsco Host, Wiley Online, Research Gate, Pubmed, dan PMC. Kata kunci self-efficacy, substance use disorder, relapse prevention, rehabilitation, drug relapse, relapse tendency, drug addicts, substance use treatment, dan substance abuse. Sebanyak 15 artikel penelitian didapatkan setelah disesuaikan dengan kriteria inklusi kemudian dianalisis berdasarkan tujuan, kesesuaian topik, metode penelitian yang digunakan, sampel, dan output.

Hasil: Hasil kajian literature ini tidak ditemukan artikel yang memberi hasil secara jelas mengenai hubungan self-efficacy dengan sikap pencegahan relapse. Peneliti menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara self-efficacy dengan sikap pencegahan relapse pada pengguna narkoba yang menjalani rehabilitasi narkoba.

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi tambahan bagi penelitian lain yang meneliti mengenai variabel yang sama, yaitu self-efficacy dan sikap pencegahan relapse.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat