Literatur Review Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Depresi pada Remaja

  • Yuan Rizal Sejati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: covid-19, depresi, kesehatan mental, pandemi, remaja

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemi COVID-19 terhadap kesehatan mental (depresi) pada remaja.

Metodologi: Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan dalam penelitian bersumber dari database publikasi Google Scholar, PubMed, Scienscedirect dan PNRI dengan kata kunci pandemi COVID-19, kesehatan mental, remaja, adolescent, depression, COVID-19 pandemic dan mental health

Hasil: Berdasarkan hasil review jurnal, dapat disimpukan bahwa pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap depresi pada remaja. Perubahan pola kehidupan seperti sosial distancing, pembelajaran secara daring, sekolah ditutup dan lockdown juga menjadi penyebab seorang remaja menjadi depresi. Adanya perbedaan tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat desa dan kota mengakibatkan terbatasnya kesempatan pendidikan  dan ketidakstabilan ekonomi di rumah tangga yang dapat mejadi penyebab depresi. Jenis kelamin, umur, dukunganan keluarga dan sikap dapat berpengaruh terhadap depresi remaja saat pandemi.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut dan sebagai informasi tambahan dalam bidang kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)