Literature Review Hubungan Behavioural Beliefs dengan Sikap Pencegahan Kekambuhan pada Pengguna Narkoba yang Sedang Menjalani Rehabilitasi

  • Nur Aisyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Behavioural beliefs, Sikap, Pencegahan kekambuhan, Rehabilitasi

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara behavioural beliefs dengan sikap pencegahan kekambuhan pada pengguna narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi narkoba.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain literature review. Databaes yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal nasional dan internasional. Database jurnal yang digunakan adalah Pubmed, Ebsco, Science Direct, PMC-NCBI dan Google Scholar.

Hasil: Berdasarkan hasil studi literature review yang dilakukan pada 17 artikel, dapat disimpulkan bahwa beberapa artikel menjelaskan bahwa adanya hubungan atau keterkaitan antara aspek-aspek behavioural beliefs seperti persepsi hambatan, persepsi manfaat dan persepsi kerentanan yang dirasakan oleh pengguna narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi terhadap sikap pencegahan kekambuhan atau penggunaan kembali narkoba.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat