Literatur Review Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Trauma Pada Remaja

  • Denny Rivaldy Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pandemi, trauma, kesehatan mental, covid-19, remaja

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemi COVID-19 terhadap kesehatan mental (trauma) pada remaja.

Metodelogi: Metodelogi yang digunakan penelitian kali ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan dalam penelitian bersumber dari database publikasi Google Scholar, PubMed, Scienscedirect dan springlink dengan kata kunci pandemi COVID-19, kesehatan mental, remaja, adolescent, Psychological effects, COVID-19 pandemic, Trauma

Hasil: Berdasarkan review jurnal, dapat diambil kesimpulan beberapa artikel menunjukan bahwa trauma yang dialami oleh kalangan remaja dimasa pandemi berlangsung diakibatkan oleh beberapa faktor. Perubahan sistem pembelajaran menjadi bentuk online merupakan salah satu trauma pada remaja. Selain itu rasa bosan, kesepian dan cemas merupakan yang dialami pada remaja saat pandemi.  terdapat beberapa artikel yang menunjukan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara pandemi COVID-19 terhadap trauma.

Manfaat: Diharapkan Penelitian Literatur Review ini dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut dan menjadi informasi tambahan dalam bidang dunia kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>