Literature Review: Hubungan Antar Pengetahuan dengan Sikap Pencegahan Relapse Narkoba Pada Pengguna Narkoba di Rehabilitasi

  • Ary Tri Wijaya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: relapse preveention attitude, knowledge, grug user, rehabilitattion

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan unuk menggambarkan dan menjelaskan  hubungan pengetahuan dan sikap pencegahan relapse pada pengguna narkoba yang menjalani Rehabilitasi.

Metodologi:Metode penelitian ini menggunakan desain studi literature review dengan mencari jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Data-data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskriptif.

Hasil: Hasil analisis terhadapa artikel-artikel jurnal 10 tahun terakhir, baik jurnal internasional dan nasional beberapaartikel menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki peran dalam mencegah terjadinya kambuh kembali pada pengguna narkoba. Selain itu di artikel jurnal yang direview juga menunjukkan jika pengetahuan serta pendidikan yang rendah maka beresiko untuk kembali menggunakan narkoba, meskipun faktor ekonomi, lingkungan, pekerjaan juga bisa berpengaruh terhadap terjadinya relapse. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan sikap pencegahan kekambuhan (relapse) pada pengguna narkoba.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat kepada pihak terkait dan khususnya bagi penelitian selanjutnya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-28
Section
Kesehatan Masyarakat