Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Tingkat Stres Narapidana Perempuan di Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda

  • Dien Novitasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Dukungan sosial keluarga, Tingkat stres, Narapidana

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan tingkat stres pada Narapidana di Lapas Kelas IIA Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 180 responden yang dipilih menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner DASS untuk mengukur tingkat stres dengan menggunakan uji statistik Rank Spearman. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada narapidana.

Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat stres pada narapidana, yang dimana didapatkan p-value sebesar 0,075 > taraf signifikan α (0.05) berarti tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat stres pada narapidana di Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda.

Manfaat: Menambahkan pengetahuan tentang pentingnya dukungan keluarga terhadap narapidana dan melakukan hal-hal positif yang dapat mengurangi penyebab munculnya stres.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat