Hubungan Riwayat Persalinan Dan Riwayat Bblr Dengan Kejadian Stunting Pada Anak: Literature Review

Authors

  • Rana Rahadatul Aisy UMKT
  • Lia Kurniasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

riwayat persalinan, BBLR, stunting

Abstract

Tujuan studi: tujuan dari penelitian ini ialah untuk menggambarkan hubungan antara riwayat persalinan dan riwayat BBLR dengan kejadian stunting pada anak.

Metodologi: Metodelogi penelitian yang digunakan ialah tinjuan pustaka. PICOS framework merupakan strategi yang digunakan dalam rancangan penelitian ini untuk mencari jurnal. Dalam pencarian jurnal menggunakan kata kunci (AND, OR NOT AND NOT) dipakai sebagai pencarian jurnal yang lebih detail agar dapat mempermudah pencarian jurnal yang diinginkan. Kata kunci yang digunakan ialah (stunting OR “Berat badan lahir rendah” OR “low birth weight”) AND (stunting OR “riwayat melahirkan” OR caesarea section” OR “persalinan normal” OR “sesar” OR “ delivery of mode”). Setelah melakukan tahap pencarian jurnal dari berbagai situs seperti scopus, google scholar, perpusnas, publish or perish, schihub, pubmed.

Hasil: hasil menyatakan tidak ada hubungan antara riwayat persalinan dengan kejadian stunting pada anak tetapi ada factor lainnya yang menyebabkan stunting yaitu saat insiasi menyusi dini terlambat, gizi kurang, BBLR, ASI eksklusif. ada hubungan antara riwayat BBLR dengan kejadian stunting pada anak, ada factor yang memperngaruhi anak BBLR menyebabkan stunting gizi ibu saat hamil kurang, infeksi penyakit dan asupan gizi anak setelah dilahirkan

Manfaat: diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi kesehatan sehingga lebih peduli daan mampu menjadi titik acuan untuk membuat suatu program pencegahan stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>