Hubungan Masa Hukuman dengan Tingkat Stres pada Narapidana di Lapas Perempuan Kelas II A Samarinda

Authors

  • Selly Anggraini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Lembaga pemasyarakatan, Masa hukuman, Narapidana, Tingkat stres

Abstract

Tujuan studi : Untuk Menganalisis Hubungan Masa Hukuman Dengan Tingkat Stres Pada Narapidana di Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas II A Samarinda.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Cross sectional adalah pengukuran variabel independen dan variabel dependen dilakukan secara bersamaan atau dalam satu waktu yang sama. Variabel independen dalam penelitian ini adalah masa hukuman dan variabel dependennya adalah tingkat stres. Sampel adalah sebagian dari total populasi yang akan dijadikan responden dalam penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah narapidana di Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda yang berjumlah 180 orang.Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah dengan menggunakan metode simple random sampling.

Hasil : Hasil analisis dari hubungan Masa Hukuman dengan Tingkat Stres Pada Narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Samarinda menggunakan Uji Spearman rank yang membahas tentang masa hukuman dengan tingkat stres pada narapidana di Lapas Perempuan Kelas IIA Samarinda. Hasil uji Spearman rank didapatkan nilai signifikan sebesar 0,225<0,05 dengan kolerasi (0,085),disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara Masa Hukuman dengan Tingkat Stres pada narapidana di lapas perempuan kelas II A Samarinda.

Manfaat : Dapat mengetahui tingkat stres yang di alami warga binaan  di Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas II A Samarinda dan agar selama menjalani masa hukuman  dan setelah menjalani masa hukuman ,diharapkan narapidana memiliki kesehatan baik fisik maupun secara psikologinya , Serta diharapkan narapidana memiliki perencanaan masa depan yang baik, setelah keluar dari penjara, memberikan pandangan baru untuk membantu dalam pembinaan permasalahan stres yang di alami narapidana di Lembaga Permasyarakatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>